Sabtu, 14 April 2012

MUKADIMAH

Kesenian yang merupakan pemberian dari yang MahaIndah Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan keindahan hidup bagi setiap insan di seluruh dunia. Kesenian dengan kekuasaan-NYA telah menjadi naluri manusia dan bahkan menjadi kebutuhan yang tak habis.

Kesenian yang begitu indah telah menghasilkan karya kreatif yang begitu indah pula.Ungkapan melalui karya kreatif dan inovatif tumbuh dan berkembang dari ungkapan cipta, rasa dan karsa sebagai wujud seni telah mampu membina karakter bangsa. Oleh karena itu kesenian perlu dilestarikan.

Kawih Sunda yang merupakan kekayaan batin masyarakat Sunda dimana pun berada telah mampu memberikan warna kepada seni lainnya yang tumbuh dan berkembang di Jawa Barat, untuk itulah para pujangga dan para akhli menyimpulkan bahwa Kawih Sunda cikal bakal seni lainnya. Kehadiran 'PANGAUBAN KAWIH SUNDA" salah satu alternatif yang memiliki cita-cita mempertahankan "Ajen Inajen Kawih Sunda" sebagai "Ciri Nu Mandiri Ki Sunda". Kawih Sunda perlu dilindungi, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa.

Link:
KAWIH WANDA ANYAR (mp3)
KILININGAN (mp3)
SEKAR GENDING GAMELAN DEGUNG (mp3)
SENI SUNDA
DATA SUNDA 
SASTRA SUNDA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar